STUDI AWAL PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Main Article Content

Adeng Slamet

Abstract




Studi awal mengenai penguasaan konsep mahasiswa calon guru biologi dalam perkuliahan fisiologi hewan telah dilakukan di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya. Untuk menjaring data penguasaan konsep dilakukan melalui tes respon terbatas bentuk pilihan ganda, diolah dengan statistik deskripif. Hasil studi menunjukkan penguasaan mahasiswa pada konsep sistem respirasi sebagian besar berada dalam interval nilai 33,50-38,50 dan 39,50-44,50 masing-masing 26,83% dengan nilai rata-rata 40,74; sistem sirkulasi pada interval nilai 35,39-41,39 (28,95%), nilai rata-rata 46,70; sedangkan pada sistem ekskresi dan osmoregulasi ada pada interval 42,50-47,50 (41,03%) dengan nilai rata-rata 40,51. Dapat disimpulkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan fisiologi hewan pada tiga topik yakni sistem respirasi, sirkulasi, ekskresi dan osmoregulasi masih rendah.




Article Details

How to Cite
Slamet, A. (2014). STUDI AWAL PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM PERKULIAHAN FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 54–60. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/13
Section
Articles

References

Alma,B., Mulyadi, H., Razati, G., & Lena, N.S. 2010. Guru Profesional. Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arnyana, I.B.P. 2007. Pengembangan Profesionalisme Guru Biologi Di Era Global. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSA, Edisi Khusus Tahun XXXX.

Aryuna, D. 2003. Perbaikan Bimbingan PPL dengan Menerapkan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Mahasiswa Praktikan. Forum Kependidikan, 22, 2 : 97-111.

Bafadal, I. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Bastian, A.R. 2002. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

Michael, J. 2007. What Makes Physiology Hard for Student to Learn? Result of a Faculty Survey. Adv. Physiol. Educ. 31, 34-40.

Mulyani, S. 1988. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.

National Research Council (NRC). 1996.National Science Education Standards.Washington D.C: National Academy Press.

Orlich, D.C., Harder, R.J., Callahan, R.C.,Kravas, C.H., Kauchak, D.P., Pendergrass, R.A.,& Keogh, A.J. 1985. Teaching Strategies. A Guide to Better Instruction (2nded). Lexington, Massachusetts, Toronto: D.C. Heath and Company