PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL DOSEN DAN HASIL BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSRI

Main Article Content

Riyanto Riyanto

Abstract




Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa penerapan LS dapat meningkatkan profesional dosen dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif, karena melaporkan hasil observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan PBM pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pada pelaksanaannya berkolaborasi dengan dosen – dosen Pendidikan MIPA, khususnya Pendidikan Biologi, yaitu pada saat plan, do dan see. Subjek penelitian ini adalah dosen pengasuh mata kuliah PH dan mahasiswa semester V tahun ajaran 2011/2012 kelas Indralaya dengan jumlah 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1. Pengamatan LS terakhir seluruh kegiatan PBM yang difokuskan pada pemahaman konsep oleh mahasiswa sudah baik. Artinya sudah terjadi peningkatan PBM menjadi lebih baik, peningkatan kompetensi padegogik dosen model seperti perbaikan perangkat pembelajaran, ppt, LKM, dan bahan ajar serta menemukan langkah pembelajaran yang tepat. 2. Terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada LS pertama, kedua dan ketiga masing – masing sebesar 45,67, 65,12 dan 77,00 dan terjadi ketuntasan belajar mahasiswa, yaitu lebih dari 85 % mendapat skor di atas 56.




Article Details

How to Cite
Riyanto, R. (2014). PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL DOSEN DAN HASIL BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSRI. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 158–168. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/26
Section
Articles

References

Cerbin, W. dan Kopp, B., 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education Vol. 18 (3): 250-257.

Chassels, C. dan Melville, W., 2009. Collaborative, Reflective, and Iterative Japanese Lesson Study in an Initial Teacher Education Program: Benefits and Challenges. Canadian

Easton, L. B., 2009. An Introduction to Lesson Study. Florida: Florida and Islands Regional Comprehensive Center.

Elvinawati, Sumpono dan Amir, H., 2012. Lesson Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pembangunan Karakter (Character Building). Jurnal Exacta, Vol. 10 (2): 156-159.

Fernandez, C., Cannon, J. dan Chokshi, S., 2003. A US–Japan Lesson Study Collaboration Reveals Critical Lenses for Examining Practice. Teaching and Teacher Education Vol. 19: 171-185.

FKIP Universitas Sriwijaya, 2012/2013. Buku Pedoman FKIP Unsri. Indralaya. FKIP Unsri.

Haithcock, F., 2010. A Guide to Implementing Lesson Study.1ST Edition. Florida. Chancellor of Public Schools.

Konsorsium Sertifikasi Guru, 2013. Modul PLPG Mata Pelajaran Biologi. Jakarata. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.