PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 PALEMBANG

Main Article Content

Anggi Yulianti
Riyanto Riyanto
Meilinda Meilinda

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM) di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Palembang. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Palembang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas sampel. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest-postest design. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t, hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas percobaan pada materi KD 2.1 Untuk tes awal sebesar 50,76 dan untuk tes akhir nya 81,46. Hasil belajar menunjukan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata 31,22 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 14 Palembang. Nilai penelitian terhadap aktivitas siswa pada kelas XI IPA 3 selama penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Macth yaitu dalam kategori tinggi.




Article Details

How to Cite
Yulianti, A., Riyanto, R., & Meilinda, M. (2014). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 21–29. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/3
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani. 2009. Stategi Belajar Aktif dengan Index card macth. http://pelawiselatan. blogspot.com/2009/04/stategi-belajar aktif.html. Diakses tanggal 25 februari 2014

Haryanto. Pembelajaran Aktif Card Sort Dan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajarn Getaran Dan Gelombang: JP2f. 2(2). 156-174. http://portalgaruda.org/download_articl e.php.article.6933.pdf. Diakses tanggal 1 mei 2013.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperartive Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Megawati .2013. Penerapan Pembelajaran Aktif Melalui Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Pada Materi Segiempat Mts. Darut Tauhid Surabaya. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya. http://apps.umsurabaya.ac.id/digilib/fil es/disk1/14/perpustakaan%20umsurab aya-yayuke gaw-699-1-pendahul-).pdf Diakses pada tanggal 15 juli 2013.

Meltzer, David E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. Department

Anggi Yulanti, Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe ICM 28

Rahmawati, A.D., Alvi. R., Riezky .M. P. 2011. Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Macth Ditinjau Dari Motivasi. Pendidikan Biologi. 3(3).27- 40.http:// jurnal.fkip.uns.ac.id/index. php/bio/article/download/1451/1030.p df. Diakses tanggal 6 Mei 2013.

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran : Sebagai Referensi bagai Guru/ Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Penerbit Prenada Media.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. 2006. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Alfabeta

Ulhusna, Asma., Syeilendra., Ardipal. 2013. Peningkatan Aktivitas Siswa Kelas V Sd pada Pembelajaran Ansambel Musik melalui Strategi Paikem. E- Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. 2(1). 20-37. http.ejournal.unp.ac.id/index.php/sendr atasik /article/download/2272/1893. Diakses tanggal 20 agustus 2013.

Uno, H. B., dan Mohammad, N. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyukensri, .F.D., Wahyudi, Kartika .C.S. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Index Card Match dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD. Skripsi. FKIP PGSD Universitas Sebelas Maret.

Wilda .N, Rinie .P, dan J. Djoko .B. 2012. Profil Media E-Learning Berbasis Web Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BioEdu. 1(3). 51- 56. http.// ejournal.unesa.ac.id/article/1814/34/art icle.pdf. diakses tanggal 25 mei 2013.

Yulianti, Eni. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Index Card Macth terhadap Minat dan Prestasi Belajar Biologi pada Materi Arkhaebakteria dan Aubakteria Kelas X Man Purwodadi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Yugyakarta : FPMIPA UIN Sunan Kalijaga.http://digilib.uin.suka.ac.id/63 51/1/bab%20i,%20v,%20daftar%20pu staka.pdf. Diakses tanggal 20 juni 2013.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.