PENGARUH STRATEGI MENCATAT MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III

Main Article Content

Ayu Septyani
Rahmi Susanti
Meilinda

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi mencatat menggunakan peta pikiran terhadap retensi siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental design kategori Intact- Group Comparison. Materi pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah sistem regulasi manusia. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Data yang dianalisis berupa nilai akhir (retensi jangka pendek dan retensi jangka panjang), respon siswa, dan penilaian peta pikiran. Setelah dianalisis, hasil Uji-t pada retensi jangka pendek retensi jangka panjang, hasil data dukung kuesioner (angket), dan hasil observasi peta pikiran melalui rubrik menggambarkan bahwa ada kaitannya antara tes, angket dan rubrik terhadap peta pikiran dan retensi siswa. Hasil uji korelasi peta pikiran terhadap retensi siswa pada 3 kali pertemuan memperoleh hasil 0,938, 0,953, dan 0,970 dengan interpretasi tinggi karena peta pikiran dapat digunakan untuk melihat retensi siswa dalam pembelajaran. Hasil uji dan data dukung dapat disimpulkan bahwa strategi mencatat menggunakan peta pikiran mempunyai pengaruh terhadap retensi siswa pada mata pelajaran Biologi.




Article Details

How to Cite
Septyani, A., Susanti, R., & Meilinda. (2014). PENGARUH STRATEGI MENCATAT MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 7–14. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/16
Section
Articles

References

Amelia, Reski. 2013. Penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) terhadap Dimensi Pengetahuan dan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Animinasuka. 2011. Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 11 Palembang Melalui Penerapan Model Pembelajaran “Mencari Pasangan” (Make a Match ). Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Ariesiani, Ester. 2010. Efektivitas Mind Mapping dalam Meningkatkan Ingatan terhadap Materi Pelajaran IPA. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. Tanpa Tahun. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Dialih bahasakan oleh Alwiyah Abdurrahman. 2004. Bandung: Kaifa.

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Dialihbahasakan oleh T. Hermaya. 2005. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Adi W. 2012. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Imaduddin, Muhammad Chomsi dan Unggul Haryanto NO. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol IX (1): 62 – 75.

Indriani, Netti. 2008. Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Mind Mapping pada Kelas IX-1 SMPN 5 Padang Panjang. Jurnal Guru, 1 (5): 7 – 16.

Lubis, Ahyani Ridhayani. 2010. Pengaruh Model dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa pada Pelajaran Biologi di SMP Swasta Muhammadiyah Serbelawan. Tesis. Medan. Program Pasca Sarjana UNIMED.

Michael J, Harry Modell, Jenny McFarland, and William Cliff. 2009. The “core principles” of physiology: what should students understand?. Ads Physiol Educ, 33: 10 – 16.

Michael, Joel. 2007. What Makes Physiology Hard for Students to Learn? Results of Faculty Survey. Ads Physiol Educ, 31: 34 – 40.

Olivia, Femi. 2012. Klinik Belajar Otak Kanan. Jakarta: Gramedia.

Parker, Steve. 2007. Ensiklopedia Tubuh Manusia. Dialihbahasakan oleh Winardini. 2009. Jakarta: Erlangga.

Selpiana. 2011. Studi tentang Retensi Siswa pada Pembelajaran Biologi yang menggunakan Direct Intruction dan SQ3R di SMAN 3 Palembang. Skripsi. Indralaya: FKIP Biologi UNSRI.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solso, Roberto L, Otto H. Maclin, dan M. Kimberly Maclin. 1979. Psikologi Kognitif. Dialihbahasakan oleh Mikael Rahardianto dan Kristianto Batuadji. 2007. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarni, Melania. 2011. Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Penabur, 16: 26 –33.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. 1999. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.