PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 14 PALEMBANG

Main Article Content

Fani Fatamah Wardani
Kodri Madang
Rahmi Susanti

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa di salah satu SMA Negeri di kota Palembang. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design dengan jumlah sampel 84 siswa kelas X yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Materi pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah pencemaran lingkungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes KPS tipe pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap KPS siswa. Peningkatan KPS pada aspek mengamati, mengajukan pertanyaan dan berhipotesis termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan KPS pada aspek menafsirkan pengamatan tergolong dalam kategori rendah.




Article Details

How to Cite
Wardani, F. F., Madang, K., & Susanti, R. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 15–21. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/2
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Model Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Azizah, E.M. 2012. The Use of Group Investigation (GI) Learning Model Towards Student’s Science Precess Skills in Environmental Pollution Conservation Subject Matter. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Indrawati. 1999. Keterampilan Proses Sains/ IPA. Bandung: Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.

Meltzer, D.E. 2002. Normalized Learning Gain: Akey Measure Of Student Learning. Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011.http://www.physicseducation.net /docs.Addendum_on_normalized_gain. pdf. Diaskes tanggal 08 Januari 2013.

Mustikasari, M. 2012. Pengaruh MPKTGI terhadap Peningkatan KPS Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa. Skripsi.

Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rismawati, Eni. 2012. Pengaruh Penerapan Model Group Investigation terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV SDN 80/1 Rengas Condong. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Rustaman, N.R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.

Semiawan, Conny, A.F. Tangyong, S. Belen, Yulaelawati Matahelemual, dan Wahjudi Suseloardjo. 1988. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar?. Jakarta: PT Gramedia.

Setiawan, N.A. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Disertai Media Komik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 10 Surakarta. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Penerjemah: Nurulita Yusron. Bandung : Penerbit Nusa Media.

Sudijono, Anas. 2006. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Penerbit Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuningsih, Indra, Sarwi, dan Sugianto. 2012. Penerapan Model Kooperatif Group Investigation Berbasis Eksperimen Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar.Unnes Physics Education Journal, ISSN NO 2257-6935: 1-6.