PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERSUMBER DARI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU SERAWAI BENGKULU SELATAN

Main Article Content

Bevo Wahono
Slamet Hariyadi

Abstract




Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai-nilai karakter di dalam kearifan lokal masyarakat suku serawai khususnya tentang etika pembukaan lahan baru. Etika- etika tersebut antara lain Ulu Tulung Buntu, Sepelancar Perahu, Kijang Ngulangi Tai, Macan Merunggu, Sepit Panggang, Bapak Menunggu Anak, Nunggu Sangkup. Nilai karakter yang teridentifikasi dari etika tersebut antara lain religius, toleransi, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab, komunikatif, cinta damai, kerja keras dan kreatif. Nilai-nilai ini dapat diformat dalam pembelajaran dengan menganalogkan etika-etika yang telah menjadi nilai budaya di suku Serawai. Diharapkan penggalian nilai-nilai kearifan lokal pada suku-suku lain di Indonesia agar pendidikan karakter dalam terinternalisasi dengan baik dan akseleratif pada siswa tanpa tercabut dari akar budayanya.




Article Details

How to Cite
Wahono, B., & Hariyadi, S. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERSUMBER DARI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU SERAWAI BENGKULU SELATAN. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 169–174. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/27
Section
Articles

References

Aqib, Z. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah, Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, Bandung: Yrama Widya.

Koentjaraningrat. 1996. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sartini. 2004. Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati. Jurnal Filsafat: 37 (2)

Siombo, Marhaeni Ria. 2011. Kearifan Lokal dalam Perspektif Hukum Lingkungan. Jurnal Hukum; 18 (3)

Siswadi; Tukiman Taruna & Hartuti Purnaweni. 2011. Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Mata Air (Studi Kasus di Desa Purwogondo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal). Jurnal Ilmu Lingkungan; 9 (2).

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.