PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR UNTUK MATERI MEKANISME TRANSPOR PADA MEMBRAN SEL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Article Content

Shinta Dwi Kurnia
Djunaidah Zen
Siti Huzaifah Huzaifah

Abstract




Penelitian pengembangan telah dilakukan dengan tujuan menghasilkan instrumen penilaian yang digunakan untuk menilai aspek psikomotor siswa pada materi mekanisme transpor membran sel. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development Borg dan Gall dengan langkah-langkah pengembangan meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, wawancara, catatan validator, observasi dan angket. Data yang dianalisa adalah data catatan validator, kepraktisan dan keterampilan siswa. Validasi instrumen penilaian dilakukan oleh 2 orang ahli, yaitu ahli materi dan ahli evaluasi. Instrumen penilaian dinyatakan valid dengan nilai 3 dan 2,71 dan dinyatakan praktis dengan nilai 2,75 dan 2,5. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan sudah terpenuhinya syarat-syarat instrumen penilaian yang baik, yaitu validitas, objektivitas, praktikabilitas dan ekonomis.




Article Details

How to Cite
Kurnia, S. D., Zen, D., & Huzaifah, S. H. (2014). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR UNTUK MATERI MEKANISME TRANSPOR PADA MEMBRAN SEL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 37–45. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/9
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Himpunan Perundang- Undangan RI tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Nuansa Aulia.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2007. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Mariyana, Ana. 2012. Pengaruh Penguasaan Penggunaan Mikroskop terhadap Nilai Praktikum IPA Materi Pokok Organisasi Kehidupan pada Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Assessmen Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, Wima. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sapriati, Amalia. 2006. Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1):1-11.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.