PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Main Article Content

Betrin Jayu Novpridey
Djunaidah Zen
Siti Huzaifah

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy-Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 dengan jumlah siswa masing-masing 43 dan 41 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Nilai rata-rata pretest, posttest, gain dan n-gain kelas eksperimen secara berurutan adalah 33,95; 84,6; 50,31 dan 0,76 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 39,59; 65,45; 25,85 dan 0,42. Ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen 100% dan kelas kontrol 82,2%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung>ttabel (16,39>1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang.

Article Details

How to Cite
Novpridey , B. J., Zen, D., & Huzaifah, S. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 103–114. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/19
Section
Articles

References

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atisa, Dwi. 2012. Pengaruh Media Presentasi dalam Pembelajaran Kooperatif tipe Co- op Co-op terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Regulasi dan Aktivitas Siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Palembang. Skripsi. Inderalaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Darmawan dan Permasih, 2011.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik , O. 2011.Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kasio. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semester I SMP Swasta An-Nizam Medan T.P 2012/2013. http://digilib.unimed.ac.id. Diakses tanggal 5 Januari 2012.

Kustiaroh, D. 2012. Efektivitas Penerapan Metode Course Review Horay. http. repository.upi.edu. diakses tanggal 10 Maret 2013.

Mulyasari, G. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Bantuan Individu dalam Kelompok) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Skripsi. Inderalaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Kyriacou, C. 2011. Effective Teaching: Theory and Practice. Bandung: Nusa Media.

Marteyani, N. 2011. The Use Cooperative Learning Model Course Review Horay Type of Student Activities and Results of the Characteristics on the Living Class VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung Academic Year 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi: 3-12.

Meltzer, D.E. 2002.The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible .Hidden Variable. In Diagnostic Pretest Scores.Iowa: Departement of Physics and Astronomy, Iowa State University.

Mulyasa, E. 2009.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2009. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugandi, E. 2012. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Surabaya Tahun Ajaran 2011/2012. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika, pada tanggal 5 Mei 2009 di Surabaya.

Sulistyaningrum. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan Mengoptimalkan PenggunaanTorso terhadap Hasil Belajar BiologiSiswa SMA Negeri KebakkramatTahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Most read articles by the same author(s)