PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM EKSKESI MANUSIA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Article Content

Raden Ayu Risaiyah Rodiyah
Siti Huzaifah
Lucia Maria Santoso

Abstract




Penelitian pengembangan multimedia interaktif pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI SMA telah dilakukan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research/ DR) menurut Akker dengan melalui tiga tahap utama, yaitu analisis, perancangan, dan evaluasi. Evaluasi multimedia interaktif dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian evaluasi adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Palembang semester ganjil tahun ajaran 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik dokumentasi, wawancara, validasi pakar (walkthrough), dan angket. Data yang berhasil dikumpulkan adalah (1) hasil data dokumetasi dan wawancara diketahui bahwa sistem ekskresi manusia merupakan salah satu meteri pelajaran biologi yang sulit dipahami, sehingga multimedia interaktif yang dikembangkan bertujuan untuk menjelaskan materi pelajaran sistem ekskresi manusia, (2) hasil data validasi pakar (walkthrough) diketahui bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dinilai valid oleh validator baik dari segi isi maupun konstruk, (3) hasil data angket diketahui bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan praktis oleh para peserta didik yang telah mengisi lembar angket. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis dalam bentuk software setelah melalui tahap analisis, perancangan, dan evaluasi.




Article Details

How to Cite
Risaiyah Rodiyah, R. A., Huzaifah, S., & Santoso, L. M. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM EKSKESI MANUSIA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 93–102. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/18
Section
Articles

References

Adrianita, Tria Annisa, Andri Ertando, Ahmad Syahda Fuadi. 2008. “Analisis dan Perancangan Perangkat Ajar Biologi Sistem Ekskresi Ginjal Manusia Berbasis Multimedia pada SMAN 78 Jakarta”. Skripsi Sarjana Komputer.

Akker, Jan Van den, Robert Maribe Branch, Kent Gustafson, Nienke Nieveen, dan Tjeerd Plomp. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Cambridge Dictioneries Online. 2013. http://dictionary.cambridge.org/. Diakses tanggal 7 April 2013.

Cimer, Atilla. 2012. “What Makes Biologi Learning Difficult and Effective: Students’ Views”. Educational Research and Reviews vol 7 (3): 61-71

Campbell, Neil A, Jane B. Reece, dan Lawrence G. Mitchell. 2002. Biologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

ISRD Group. 2006. Computer Graphics. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.

Kasmansyah, Didi Suhendi, Sofendi, Kodri Madang, K. Anom, Imron Husaini, Ikbal Barlian, Sri Artati Waluyanti, Indaryanti, dan Meilinda. 2012. “Laporan Program Pengabdian Penerapan Model Pengembangan Mutu Pendidikan Tahun Anggaran 2012”. Inderalaya.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta.

Lindgaard, Gittle. 1994. Usability Testing and System Evaluation. London: Chapman & Hall.

Mckenny. 2006. “Using ICT for Teacher Learning and Curriculum Development is Tanzania and Zimbabwe” dalam Earnest, Jaya dan david Treagust (Eds.). Education Reform in Societies in Transition. (hal. 175-178). Rotterdam: Sense Publisher.

Potter, W James dan Sahara Bayrne. 2007. “What Are Media Literacy Effects?” dalam Mazzarella, Sharon R (Ed.). 20 Questions about Youth & the Media. (hal. 197-207). United States: Die Deutsche Biblioth.