PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA Biologi KD.1.1 dan KD. 1.2 di kelas VIII SMP N 9 Palembang menggunakan media video. Penelitian dilaksanakan dengan Pre-Eksperimen Design dengan desain One group Pretest-Posttest. Subjek penelitian 28 siswa kelas VIII-6. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, dan hasil belajar siswa dilihat dari pretest dan posttest. Diperoleh nilai rata-rata pretest, posttest, dan rata-rata gain yaitu 43,93 ; 85,29 dan 41,36 serta nilai indeks gain sebesar 0,72 yang dikategorikan tinggi. Kategori nilai pretest sebanyak 46,43% siswa kategori cukup, 21,43% kategori kurang dan 32,14% kategori gagal. Kategori hasil belajar nilai posttest 89,29% kategori sangat baik dan 10,71% kategori baik. Ketuntasan klasikal yaitu 85,71%. sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum di SMP Negeri 9 Palembang yaitu 81. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan MediaPembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Isjaka, Babalola. 2007. Effectiveness of Video as an Instructional Medium in Teaching Rural Children Agricultural and Evironmental Sciences. Journal of Education and Development. Vol 3:105-114.
Kusumawanti, R.D. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Knowlage Sharing Disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Masugiono, Widi W., dan Dody A.2010. Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Media Pembelajaran VCD (Video Compact Disc) pada Kompetensi Sistem Pengisian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 10 : 55 – 58.
Meltzer, E. David. 2002. Normalized Learning Gain: A Key Measure Of Student Learning. Deparment of Physics and Astronomy, lowa State University, Ames, lowa 50011.
Musfiqon.2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Retno, Tri H. 2010. Pengaruh Penggunaan Media VCD dan Media cetak terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa SMP. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Sadiman, A, R.Rahardijo, A.Haryono dan Rahardjito. 2012. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Rosda.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan – Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.