PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT

Main Article Content

Sugio

Abstract




Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi, perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode diskusi dengan media pembelajaran power point pada KD. 3.1, 3.2, dan 3.3. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 20 Palembang yang terdiri atas 34 orang. Prosedur yang ditempuh terdiri atas 3 siklus, yang terdiri dari siklus I sebanyak 2 kali pertemuan, siklus II sebanyak 2 kali pertemuan, dan siklus III sebanyak 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan tingkat keaktifan siswa, siklus I sampai dengan III telah mencapai kategori cukup aktif dan sangat aktif. Nilai post tes yang dicapai oleh siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklus baik. Sebelum tindakan, nilai ulangan harian 1,2, dan 3 hanya mencapai ketuntasan klasikal 54,8. Setelah tindakan menunjukkan peningkatan berturut-turut dari siklus I: 79,38 siklus II: 74,38, dan siklus III: 95,41. Sebelum tindakan persentase KKM ulangan harian adalah: 49,33%. Setelah tindakan persentase siswa yang mencapai KKM (mendapatkan nilai ≥75) meningkat, siklus I: 100%, siklus II: 64,70 %, dan siklus III juga 100%. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kelompok, mengerjakan tugas-tugas, berpikir bersama, dan menjawab soal post tes. Hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 20 Palembang meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan baik atau positif.




Article Details

How to Cite
Sugio. (2014). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2), 175–180. Retrieved from https://jpb.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpb/article/view/28
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta : AV Publisher.

Djaali, H., P. Muljono dan Ramly. 2000. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Djamarah. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press UNESA

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan

Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nur, M. 1996. Konsep Tentang Arah Pengembangan Pendidikan IPA SMP dan SMU Lima Tahun yang Akan Datang. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.